Senin, 07 Januari 2013

GUNYUOCHI WISATA KULINER- JAKARTA-TEMANGGUNG-JOGJA

Konnichiwa minna saaaannn~ ogenki desuka?
Salah satu cita-cita gw selama ini adalah meluangkan waktu buat wisata kuliner, dan akhirnyaaa~alhamdulillah ya, tercapai juga pas liburan ini.

Cekidoot~~

Bandung-Jakarta, 27 Dec 2012
Abis nonton film Life of Pi 3D di PVJ, si Gunyuu nginep di kontrakan, soalnya dialah yang bertanggung jawab menggiring anak-anak MONTUR selama maen ke Jakarta. Sebenernya, daripada dibilang main, lebih tepat kalo disebut 'ngabisin-waktu-dijalan-numpang-mampir-liat-liat'. Lah piye, berangkat abis subuh, sampe di tempat pertama, Museum BI yang kece punya itu, di kota tua, itu udah mepet pas museumnya mau tutup. Gara-gara ada demo yang ngabisin 4 dari 6 jalur, plus Busway yang penuhnya ngga kira-kira sampe bikin si Miftah tepar ga tahan cobaan, nyampenya sore juga. Dari BI, lanjut ke Monas (yang pas tutup). trus karena udah mepet maghrib, jadi lanjut jalan kaki ke Istiqlal. Anak MONTUR pada pulang ke Bandung, gw lanjut ke rumah Gunyuu di daerah Pancoran. Cuma makan nasi goreng di carrefour sama nasgor di depan rumah Gunyuu.

Jakarta, 28 Dec 2012
Dengan rasa penasaran yang amat sangat, gara-gara kemaren pas ke Istiqlal ngelewatin es krim legendaris yang bahkan eyangnya Gunyuu tau. Tujuan kita keee... Ragusa.
Sebelumnya, mampir dulu makan BAKSO SEHAT, BAKSO ATOM di Carrefour deket situ. Model pelayanannya half-self service. pas masuk, kita ngambil mangkok trus ngambil mie bihun secukupnya, abis itu, tinggal bilang sama pelayan yang nanti bakal ngambilin bakso-bakso yang udah dipisahin sesuai sama jenisnya. ada sekitar 10 varian bakso disitu, Bakso Atom (kayaknya sih, bakso sapi biasa), bakso sum-sum, bakso buntel (bentuknya segi 4 trus dibuntel pake tepung), bakso burger (bentuknya kaya ekkado), baksomay (bakso, trus atasnya ada siomaynya), bakso telur ayam kampung (isinya telor ayam 1 butir), bakso tahu udang (biasalah..bakso tahu pake tahu goreng), bakso tahu (kaya bakso tahu di siomay pake tahu putih), bakso sutra (bakso isi tahu sutra), bakso madu (bakso dilumuri madu, kayaknya di bakar dah), bakso keju (isinya parutan keju permesan), Bakso jamur (daging sapi campur jamur dibikin bakso), batagor. Varian harganya sekitar 5000-8000 perbutir. Tapi karena gedhe, jadi dua butir aja udah kenyang.

Lanjut ke RAGUSA ES KRIM ITALIA yang ada di deket Istiqlal, jalan Veteran. Ini es krim legendaris yang udah ada sejak tahun 1934 kalo ga salah. Interiornya udah jaduul banget, di emang sengaja mempertahankan kejadulannya yang mungkin jadi nilai plus Ragusa. Harga es krimnya antara Rp.17.000,sampe sekitar Rp.30.000,- Mahal ya? Tadinya gw juga mikir, "anjir, mahal gilaaaaa" tapi begitu ngicipin es krimnya... onde mandeee~enak bangeeettt.. harga segitu, pas lah ya. Manisnya alami, ngga nyisain pait dilidah, lembut, bikin terharu dah..dan bikin nambah lagi. Gw sama Gunyuu sampe beli 3 es krim yang tiga-tiganya dimakan semangkok berdua. Dari yang paling Ngetrend, Es Tutti Frutty.. rasanyaaa... bedaaaa~~~

Lanjut Ronde kedua, ada Spaghetti Ice Cream. Ini Ice Cream Vanilla yang di bentuk kayaka spaghetti trus disiram saus coklat sama *njir gw lupa namanya*. Vanilla nya enak banget... tapi dibanding yang Tutti Frutty, dia lebih lembut dan lebih cepet cair.
Trus yang ketiga, gw pesen satu lagi yang mirip sama Tutti Frutty bentuknya, tapi bedanya dia aja potongan-potongan kecil cake pandan didalemnya. Ice creamnya di dominasi rasa coklat, vanilla, dan kayaknya ada strawberry nya. Sayang, selain lupa namanya, lupa juga ngefotonya.

Lanjut ke daerah Menteng, GOHYONG, sebenernya Gohyong ini cuma salah satu menu disitu, lupa gw nama tempatnya. Pokoknya, di deket Taman Menteng, deket lampu merah yang ada pom bensin nya, nah, dikiri jalan, kalo malem ada segerombolan pedagang makanan, dari sate sampai nasi gila ada disitu. Spotnya lumayan kecil sih, kayaknya, itu foodcourt kaki lima dah.
Salah satu menu andalan disitu adalah Gohyong dan Nasi Gila, walaupun satenya enak juga sih. Yang gw ngga ngerti, kenapa si Gunyuu masih nyebut itu Ayam Gohyong padahal ga ada bentuk ayamnya? Bentuknya dan sensasi kriuk berkuah diawalnya ngingetin sama empek-empek palembang *ngikik* tapi kuahnya bukan cuko.
Lanjut lagi ke MARTABAK MANIS AA yang sempet dapet penghargaan sebagai jajanan favorit dari sebuah instansi. Harganya berkisar antara Rp.45.000, - Rp.52.000,-. Karena harganya lebih dari martabak manis yang biasanya, ukurannya juga jauh lebih gedhe. Satu porsi, bisa dibuat makan satu keluarga itu juga nyisa-nyisa disimpen buat sarapan. LOL

TEMANGGUNG, 30 Dec 2012
Haiyaaa..akhirnya gw dan Gunyuu sampai juga di Kota Kelahiran gw tercintaaaaa... Temanggung. Jalan-jalan hari ini dimulai dari, soto Pringgading yang letaknya deket Kerkov. Sebenernya, soto Pringgading ini khas Semarang dan cabangnya ada di depan SMA Loyola Semarang *Damn, kenapa di depan Loyola banyak makanan enaaaakkk????* Selain sotonya, yang gw paling suka adalah sate hati ayam dan sate telur puyuhnya. enak bangeeettt~ bumbunya ngeresep banget soalnya.
Sayang sekali, hari Minggu di Temanggung banyak toko tutup, jadi..apa dayaaa~ cuma makan ini aja :3

TEMANGGUNG, 31 Dec 2012
Pagi hari terakhir di tahun 2012 ini dibuka dengan wisata kulliner di daerah tongkrongku pas jaman SMP-SMA. Daerah Jampirejo-gang depan tugu jam yang emang dari ujung sampe ujung isinya warung makan semuaaa~ohohoho... Tapi, makan kali ini di buka oleh MIE PELANGI  yang letaknya persis disebelah NCB rental komik. Mie nya dibikin pake pewarna alami, yang ungu pake ubi, yang ijo pake sayur, yang orange pake wortel, yang kuning...mie biasa :P. selain Mie Pelangi, es palubuntungnya juga enak banget. Es ini sama sih sama es pisang ijo, cuma kalo es palubuntung yang disini sedikit lebih cair dan kataku sih lebih seger. Mak nyooosssss~ harganya juga murah meriah, satu porsi mie pelangi special cuma Rp.7000,- aja paling mahal.. Buat variasi minumannya sekitar Rp.1000,- Rp.3000,-

Lanjooot ke BAKSO JAMUR SMK N 1 TEMANGGUNG  Jadi, di Temanggung ada SMK pertanian yang lulusnya langsung D3, salah satu hasil eksplorasi dan pengembangan kreatifitas mereka adalah bakso jamur ini. Sayangnya, pas gw kesana pertama kali, baksonya abis. Yasudahlah... akhirnya gw beli Bakmie Goreng jamur dan Sapo tahu. Ternyata eh ternyataaa~~enak banget euy... Jamurnya pake jamur kuping hitam. Beberapa hari kemudian, pas  gw balik lagi kesini, akhirnya gw sama si Gunyuu dapet juga si bakso jamurnya~~ om nyom nyooomm
Kenyang, malemnya sebelum nonton wayang di pendopo buat ngerayain tahun baru, mampir dulu ke warung kaki lima yang jual nasi uduk, ayam, bebek, dara, lele, nila goreng.

MAGELANG, 1 JAN 2013
Yak, mampir ke sebelah kabupaten Temanggung, ada kota Magelang yang terkenal akan candi borobudurnya. Di kota sejuta bunga ini, tepat di depan Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Soerodjo, ada tempat makan yang terkenal dengan menu Ayam Koseknya, AYAM KOSEK PANDJIWO dan yang terkenaal dengan Bebek Koseknya, BEBEK KOSEK MBOK BODROW.  Sebenernya, dua rumah makan ini berada di satu halaman, dan kayaknya yang punya sama~soalnya dari rasa juga sama, bedanya cuma di daging yang digunakan. Nah, karena lagi ga mood makan bebek, kita makan di Pandjiwo.
Seperti namanya, menu andalan disini ya ayam kosek. Ayam bumbu yang digoreng garing, terus di kosek-kosek di atas ulekan yang sebelumnya udah diulek sambel cabe ijo dan bawang *dan lainnya :P ngerti kan, bikin sambel bahannya apa aja*. Tulangnya gampang dilepas, dan pedesnya...uuuwwwhhh... jujur, gw ga suka pedes, tapi pedesnya di Pandjiwo ini BEDA. Gw suka, abis makan, tangan sama bbir gw panaaass~~tapi puaass..

Buat minumnya, ngga tau kenapa, gw pesen lemon squash... pilihan yang BURUK kalo buat diminum pas lagi kepedesan. Anjir, bego banget gw pesen ini pas gw lagi kepedesan, bukannya ngilangin, malah nambah gigit lidaah.
Tapi tenaaang~ si gunyuu pesen Kopi poci yang emang bisa diminum buat 2 orang. Kopi ini cara penyajiannya lain sodara-sodara. Jadi, si kopinya dibuat di dalem poci gerabah *kalo gw bilang keramik, gw ingetnya lantai soalnya* dan disajikan diatas nampan gerabah yang terdiri dari 2 cangkir gerabah untuk minum, dan 1 cangkir gerabah yang berisi gula batu. Jadi, cara minumnya, masukkan gula batu secukupnya ke dalam cangkir *sebongkah aja maksudnya*, tuang kopinya, aduk-aduk sampai nemu manis yang pas... minum deh. Ingat, kalo didiemin, s gula batunya bakal makin cair, jadi kopinya makin manis. Gw sih ngga begitu suka yang terlalu manis, jadi biasanya kalo misalnya udha gw diemin gtu, gw tuang lagi kopinya.
Lanjut ke ARMADA TOWN SQUARE  yang letaknya di perempatan mau ke Taruna Negara. Disana, ada foodcourt yang oke banget...suasananya. Desain interiornya cozzy banget, perpaduan warna cerah dengan lengkungan-lengkungan yang ditata apik bikin  gw keinget sama perpus ITB lantai atas yang udah di renov itu. pewee bangeett... Kasirnya, daripada kayak kasir, lebih mirip sama resepsionis hotel -_- gara-gara itu, gw sempet ragu ngebayar disitu. Meja resepsionis dengan latar belakang tempok dengan ornamen stupa-stupa yang menjadi icon khas, ditambah lagi petugas kasirnya yang beneran kayak resepsionis hotel berbintang. -_-
Di bagian sudutnya, ada bagian yang full kaca.. jadi dari situ bisa keliatan pemandangan gunung sumbing dan sindoro *kalo beruntung* yang memang terletak di dekat situ *jauh sih*
Pulangnya, mampir ke ARMADA  yang letaknya di sebelah RSJ, disana, beli jagung bakar. nyam..nyam... stress nelpun taksi penuh mulu.

YOGYAKARTA, 2 Jan 2013
Pertama, karena si Yuki chan ngambek~ jadi gw sama Gunyuu maen kerumah dia dulu. Nyogok pake coklat, berharap ngambeknya udahan... tapi ternyata masih ngambek sodara-sodara. Disana kita makan mie ayam yang dibeli entah dimana. enak bangeeett tapiiii~~ rasanya miripan sama Mie ayam di deket ambarukmo plaza. Atas petunjuk dari Ibu nya Yuki chaan~ dan dari dia juga, dimulai lah wisata kuliner hari ini.
AYAM GORENG SOEHARTI kayaknya ini ada dimana-mana yak cabangnya, tapi tetep aja aslinya yang di jogja. Letaknya di daerah Janti, pas di belokan mau ke arah Universitas Atma Jaya. Pesen ayam separo dan dua porsi nasi udah cukup banget buat makan berdua, sisa lagi ayamnya. Kremesnya enaaak bangeett~ ayamnya juga pake ayam kampung, jadi bumbunya ngeresep banget.
Lanjut, kita jalan ke arah Universitas Gajah Mada,tepat di depan Fakultas Peternakannya, ada SGPC  alias Sego pecel. Sego pecelnya, seperti yang lainnya, isinya ya.. nasi+sayuran rebus+sambel pecel. Tapi yang bikin beda adalah rasa sambelnya... enaaakkk~~
Buat lauknya, yang paling tenar disini *menurut yang jualan* adalah ayam bethrek *semoga bener nulisnya*. Ini ayam goreng tepung yang di penyet diatas ulekan sambal. enak kok... hari ini gw makan ayam dua porsi. Damn...GEMUUUUKKK
Lanjooot lagii ke daerah Tugu Jam, belok dikit sekitar 500 meter ke jalan mangkubumi ada es legendaris versi Jogja yang ngga kalah sama Ragusa, ES KRIM TIP TOP.. tempatnya ngga kayak toko yang buka malem, nuansa kuno jaman bahulanya kerasa banget... agak nyesel gw numpang ke kamar mandi disitu. Buajigur, kamar mandinya beneran jaooooooh didalem, dan tempatnya SEREM. sumpah! Rumahnya panjang banget, sampe gw mikir ini rumah ngga berujung... gelap remang-remang gelap lagi... rumah kuno sih yaa..
Yak, lanjut ke pesanan pertama kita di sini, ada Tutti Frutty! kayaknya Tutti Frutty emang favorit dimana-mana yak. Hmm.. walaupun sama kayak di Ragusa, tapi disini rasa Rhum nya lebih kerasa...kerasa banget malah. Ditambah lagi, ada tambahan kismisnya yang otomatis nambah rasa juga disini. Yummy
Yang kedua, ada Mocca Raisin, Kata gw sih... ini es krim terenak yang pernah gw makan! Teksturnya hampir kayak es puter tapi lebih lembut. Rasa manis sedang khas mocca dipadu dengan rasa rhum dan kismisnya berpaadu dengan pas menghasilkan rasa yang GUE BANGEETTT... kaya gini nih, yang namanya es krim enak :3
Yang terakhir, ada Es Tip Top... dan sodara-sodara..ternyata ini yang dimaksud sama Yuki chan Rhum Raisin. Pantes si mbaknya bilang ngga ada pas kita pesen menu rekomendasi Yuki chan... ternyata beda nama toh -_-. Enak Bangeeet~ walaupun ichiban gw tetep Mocaa Raisin, selera sih yaa~ tapi ini enak banget. Iyalah, menu andalah sih -_- sama kayak dua lainnya, disini Rhum nya kerasa banget. Kayaknya, emang ciri khas disini es krimnya kerasa banget rhumnya plus ada kismisnya yak... secara harga, Tip Top sedikit lebih mahal daripada di Ragusa, tapi toh nominal yang dikeluarin disini ngga sebengkak di Ragusa padahal sama-sama pesen 3 menu. Soal rasa... sama-sama enak sih..tergantung suka yang kerasa rhum nya ato ngga...




PARAKAN, 5 Jan 2013
Hari terakhir Gunyuu di Temanggung, plus hari terakhir juga roadshow ke SMA-SMA buat promosi kampus. Hari terakhir ini ditutup dengan... makanan khas wonosobo *dan sekitarnya* yang namanya MIE ONGKLOK Alias mie umbel kalo menurut bahasaku di deket Indomaret Pasar Kayu Parakan. Mie ini khas banget rasanya, terdiri dari mie rebus dan sayur rebus yang dicelupkan kedalam air kaldu mendidih sebelum disajikan di atas piring, kemudian ditaburi dengan suwiran daging ayam, bawang goreng, dan ditaburi lada bubuk lalu diguyur dengan kuah kaldu kental sebelum diberi kecap. rasanya?? Amboiii~ kuah kental ini lama-lama mencair kalo diaduk terus.

Minumnya..pake sekoteng... sekotengnya ISTIMEWA SODARA-SODARA! terdiri dari es batu, biji sagu, kacang tanah goreng, cendol *ato apalah itu*, rebusan gula putih dicampur frambose dan yang bikin istimewa adalah...jeng jeeeengg ditaburi manisan kulit jeruk yang dipotong kecil-kecil... ENAK BANGET! GW BELUM PERNAH MAKAN SEKOTENG SEENAK INI!


Daaann~ belum ke Temanggung namanya kalo belum nyobain Bakso Uleg yang jadi makanan Khas Temanggung, juga pecel mie pikatan yang enak bangeett ituu~~ sayang, pas gw ke pikatan, di warungnya penuh cowok, malu gw... yasudlah, makan bakso uleg aja yak. BAKSO ULEG ini udah buka cabang dimana-mana, tapi yang paling enak yaa...yang aslinya, yang di depan SMP N 3 Temanggung *yang dulunya gedung SMP N 2 Temanggung*. Bumbu baksonya, diuleg di mangkoknya sebelum diguyur sama kuah, bakso, ketupat, tahu, caisym, sama bawang goreng seledri.

YAK, sekian laporan wisata kuliner part 1. Nantikan wisata kuliner berikutnya di kota anda!
SEMANGAT LIBURAAAANNNN~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar