Sabtu, 02 Agustus 2014

Sekolah Menulis Fiksi Berkala

Hola Amigo!
(Akhirnya gw tau kalo nulis Hola yang artinya Halo itu L nya cuma 1)

Hari ini adalah pertemuan pertama kelas menulis gelombang dua dari Sekolah Menulis Fiksi Berkala. Jadi, apa itu Sekolah Menulis? Apa itu Sekolah Menulis Fiksi Berkala?

Jadi, sekolah menulis adalah tempat kamu belajar bagaimana menjadi penulis yang baik. Ngga cuma jadi penulis sih, pokoknya, goalnya, semua lulusannya bisa bekerjasama untuk menerbitkan buku jadi. Ada yang belajar jadi penulis, editor, design cover, etc yang baik dan benar.

Nah, Sekolah Menulis Fiksi Berkala ini baru aja didirikan oleh salah satu sohib gw, Rif'an Binar Nusantara (ah, dia ngga ada hubungannya sama bus Nusantara. Dia bukan yang punya, apalagi supirnya. Bukan), sohib gw yang satu ini memang berkiprah didunia kepenulisan. Dia udah menelurkan beberapa buku yang bisa ditemukan di toko buku (ya iyalah), perpustakaan, rental buku, maupun rak buku baik milik sendiri ataupun milik tetangga. Salah banyaknya adalah Catatan Zeffy 1 dan 2, The 7th Power, Amazing Genius, Peduli Setan Aku Anak SMK, dan yang lainnya. Dulu, nama penanya adalah Komikus Rif'an sekarang diganti jadi Rabira. Entah kenapa bukan diganti jadi Novelis Rif'an... Rabira... (Rabi, ra? *hanya orang jawa yang mengerti*)

Enaknya punya temen penulis, buat gw pribadi sih, selain gw bisa nebeng ilmunya, gw juga bisa baca bukunya tanpa harus beli huehehehe. Jujur, gw baca semua buku dia, tapi yang gw beli cuma 1, itupun pas gw belum kenal sama dia. Tapi yah, sebagai sahabat, gw emang ngga beli, tapi kan gw ikutan promosi dan ngasih saran-saran yang mungkin tidak membantu. *ngeles.com*

Maafkan aku Senpai, aku cuma bisa upload fotomu yang kayak kodok ini -_-
Catatann Zeffy (buku yang bikin aku kenal sama dia)

The Gank Black Anathema (Ini... gw baru tau kayaknya belum baca juga)


The 7th Power

Rif'an ini juga berinisiatif mendirikan sebuah komunitas kepenulisan, dimana para anggotanya bisa saling share ilmu dan karya, nama komunitas ini adalah Fiksi Berkala (FiBe). Bisa di check di pesbuk sodara-sodara, nama grup FB nya: Fiksi Berkala The Next Generation ( https://www.facebook.com/groups/195806250458642/?fref=nf ). Grup ini tertutup, jadi mohon bersabar atau hubungi admin yang ada kalo mau ikutan gabung.

Sayang, komunitas ini sempat hiatus setelah gw ngga terlalu aktif nulis lagi. *Ngga ada hubungannya sih*. Bertepatan dengan gw kehilangan penyemangat dan sumber inspirasi gw dalam menulis yang lagi hijrah ke Jepang, sebagian besar pengurus FiBe sibuk dengan urusannya masing-masing. Dari yang tugas akhir, ujian, kerja diluar sampai yang sibuk ngawasin jemuran tetangga.

Beberapa waktu yang lalu, setelah resmi keluar dari tempat kerjanya setelah didzolimi *ceilah bahasanya*, dia mulai mencetuskan untuk meng-up FiBe lagi dengan ditambahnya program Sekolah Menulis. Alhamdulillah, sekarang tikus-tikus, laba-laba dan kecoa yang udah bikin sarang tetap di grup FiBe resmi kena gusur, sodara-sodara! muahahaha.

Gelombang 1 dan Gelombang 2 masih gratis, ibarat sabun, kita cuma tester doang. Ibarat penelitian, kita cuma tikus percobaan. Tapi gapapa lah, harga yang dipatok oleh FiBe relatif jauuuh lebih murah dibanding dengan sekolah menulis yang lainnya dengan ilmu yang sama! *Gw sih, walaupun dapet diskon persahabatan sekalipun, tapi kalo ada yang gratis kenapa harus bayar..hehehe...*

Motivasi gw ikutan adalah, dari dulu, selain berkhayal dan menjahili orang, gw suka banget nulis. Gw bahkan pernah nulis cerita satu buku waktu gw SD kelas 1. Tapi ya, namanya juga gw, ya semua yang gw tulis absurd banget. Gw mulai bener-bener aktif banget nulis setelah kenal Bakachunk *yang bikin gw patah hati ninggalin gw ke Jepun ituh*. Eh, abis itu, gw kenal Rif'an... makin deh gw rajin nulis. Apalagi, gw type orang yang haus pujian. Sekalinya dipuji, gw rajiiin banget ngelakuinnya. Sebagian besar temen gw yang pernah baca tulisan gw bilang tulisan gw bagus, ngga ngebosenin, dan...ehm... gw cukup berbakat nulis. Muahahahahaha.

Itu dulu sodara-sodara.

Tapi ngga ada salahnya untuk memulai lagi, bukan? Yah, gw sih ngga terlalu berharap bisa sampe nulis buku yang wah apalagi yang bestseller sedunia, tapi paling ngga, gw cukup seneng kok kalo bisa menghibur dan ngasi wawasan lebih ke para pembaca gw *apalagi pembaca setia gw yang dari jaman bahula sampe sekarang masih rela aja gw sumpelin pake sampah kata-kata*, dan yang paling penting.... gw udah cukup seneng kok kalo gw tau ada yang mengapresiasikan karya gw, baik dari kritik, saran, pujian atau ngasih royalti. hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar