Jumat, 15 Juni 2012

Jangan lahir rapat-rapat, jangan hamil cepat-cepat *lho?*

Gw nulis judul diatas, gara-gara tiba-tiba inget iklan KB nya Shiren Sungkar tapi versi si Gunyu... jangan lahir rapat-rapat, jangan hamil cepat-cepat... Gw paham sih, kalo lahir cepat-cepat emang ngga boleh, tapi hamil rapat-rapat? Bisa gitu?



Dalam sebuah perbincangan hangat gw bareng sama temen-temen satu mentor gw, gw pernah cerita soal rencana hidup. Gw harus lulus tepat waktu, trus gw pengen nikah umur 22 tahun. Gw pengen punya anak banyak, makanya gw pengen nikah muda. Dan mereka bilang, pikiran gw terlalu jauh... udah mikir soal nikah.

Iya kah? Kalo aku mikir, malah ngga lho... Lah, boro-boro yang gw yang udah 18 taun, lah gw pernah bareng sama anak 2 anak SD cewe sama cowo... jadi gini..ceritanya,

cewe: Pah, BB mu ganti lagi ya?

gw: *masi ngga ngeh... emang gw peduli gitu sama obrolan anak SD*

cowo: ngga Ma... BB papa ngga ganti kok,,, ini punya ayah soalnya BB papa lagi rusak..

gw: *mulai mikir apa yang aneh*

dan kedua anak SD yang kayaknya kalo menurut prediksi gw sekitar kelas 3 SD, duduk berdampingan, gandengan tangan dan saling manggil papa-mama. WUOOOOO~~ gw langsung pengen teriak, "DUNIA TIDAK ADIILLL!!!"  gw yang udah kuliah aja ga punya pacar (waktu itu), ga punya BB dan ga pernah gandengan tangan semesra itu... gyaaaaa~~

Jadi, gw kira, gw ngga mikir terlalu jauh kan kalo gw udah bikin plan sampe ke jenjang pernikahan, punya anak, punya cucu dsb... iya kan?

Ngomong-ngomong soal fenomena nikah muda, gw jadi penasaran, faktor apa sih yang bikin orang pengen nikah muda?

Dulu, gw sekolah di SMP yang tempatnya super pelosooookkk~ dan sangat mewah (mepet sawah). Disitu, sebenernya banyak siswa yang berpotensi dan cerdasnya luar biasa. Sayangnya, kondisi sosial dimana mereka tinggal kayaknya menomor sekiankan soal pendidikan. Jadi, banyak temen gw, yang cerdas itu, pendidikannya cuma sebatas SMP ato kurang dari itu. (Makanya, SMP gw berasa kayak SMK soalnya udah ada pembekalan kayak masak, service elektronik, TIK). Begitu ngga sekolah biasanya mereka langsung kerja, entah merantau ke kota atau tetep disitu kerja dipasar. Kalo udah gitu, biasanya... merek ajuga bakal nikah muda (terutama yang cewek). Makanya, gw belum lulus SMA, ponakan gw udah banyaaaak dari temen-temen gw. Sial.

Begitu gw SMA, SMA gw ada ditempat yang lumayan lah ya.. Ngga pelosok banget. Salah satu SMA favorit juga. Nah, kalo yang disini, sekalinya ada yang nikah muda, biasanya gara-gara kebobolan duluan. Tapi jumlahnya ngga sedramatis temen-temen gw SMP yang nikah gara-gara alasan yang pertama tadi. Mungkin, nikah muda gara-gara kebobolah emang salah banget. Tapi gw tetep salut sama temen gw itu. Soalnya, menurut gw, mereka yang 'bener' diantara yang salah. Banyak temen gw yang udah pernah melakukan "itu", hamil, trus aborsi. Jadi, bagi gw, temen gw yang kebobolan trus nikah, paling ngga dia (dan pasangannya) lebih bertanggung jawab daripada temen gw yang ngga nikah. Toh?

Dan begitu gw kuliah, tempat gw kuliah lebih kota lagi dan lebih favorit lagi (ah...kualitas pendidikan gw meningkat rupanya)... temen-temen gw adalah type orang yang "Gw ngga mau nikah, soalnya ngerepotin." atau yang "Gw mau nikah umur 30 an dah paling ngga." atau "Kerja... kerja... kaya...kaya... nikah mah, ntar aja."

Jadi, gw mikir, faktornya, ekonomi, pendidikan, pergaulan, masyarakat dan... pola pikir.

Gw ada di nilai menengah sampe menengah keatas dari semua faktor yang gw sebutin diatas. Tapi, tetep aja gw pengen nikah muda. Kenapa? Soalnya, kalo misalnya, gw kelamaan pacaran (bukan berarti lama gw pacaran sama satu orang, tapi lama gw punya kesempatan pacaran), dosa gw bakal makin banyaaak. Nak, kalo gw nikah muda, palling ngga... gw bisa menyalurkan kemesuman gw tanpa dosa *plakkk*.

Gw jadi inget, temen deket gw ada yang baru aja nikah. Ada juga yang baru mau nikah. Gw seneng sih, tapi gw juga sedih... kalo mereka nikah, lah, trus gw maen sama siapaaa? Tapi gapapa sih, asalkan mereka bahagia aja :3

Gw jadi pengen bilang ke Yuki, "Sayang, ayo kita nikaaaaaahhh~" tapi gw sama dia masi sama-sama kuliah~ lagian, kalo gw pikir-pikir lagi, apa gw siap nikah muda? Apa gw yakin sama pilihan gw kelak, siapapun itu? Apa gw siap buat kehilangan temen-temen maen gw yang pasti gw yakin bakal ada jarak segedhe bagong diantara gw sama temen-temen gw begitu kita berkeluarga nanti. Ga ada lagi fanservice-an.

Gw baru 18 tahun, dan gw punya waktu 3 tahun, sebelum umur gw 22 tahun, kaya target gw... gw punya 3 tahun buat mikir, dan nyari jodoh gw (kalo misalnya aku ga jodoh sama kamu, Yu~ tapi mudah-mudahan sih jodoh), dan mempertimbangkan lagi.

Inti dari post ini adalah, hweee~~jangan pada nikah muda dongg~~gw ntar maen sama siapa ini TT___TT
*egois.co.jp*

Gimana pendapat kalian? :3

8 komentar:

  1. hahahahhaa Nikah muda itu emang umur berapa..??
    dibawah 20 kah? itu rahimnya belum siap, mentalnya juga
    Dari 20-22 Kah? itu masa2 kejayaaan, alias kuliah ahhaa
    23-26 : ini masa ideal bagi cewek, karena rahim, mental, fisik, dan mungkin materi sudah cukup. Dan umur ini ideal banget bila mau punya anak lebih dari 2, yah maksimal 5 kali yaa (tapi ini lahir rapat2), kalau lahir berjenjang mungkin 3.. karena diusahakan g hamil lebih dari 30 tahun..haha
    Lebih dari 26? bole aja, ini biasanya wanita2 karir,,hehe tapii sih kalau aku saraniin jangan 29/30, kasian anaknya entar..hehe dan kasian juga ibunya.. banyak risiko..

    yaa ampuuun akuu malah bahas ttg nikah2 dan hubungannya ma hamil :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak temenku yang nikah pas lulus SMP TT___TT

      aku umur 22 uda lulus kali taaan~~kan aku cerdas :3 dan ga bole lebih dari 4 taun, soale aku dapet beasiswa..

      Hapus
  2. kalo aku sih mungkin target umur 25, tapiiiii... sampai sekarang belum ketemu sama pangeranku, hikkss... padahal kurang lima bulan lagi umurku 25 tahun... aku sih nggak masalah, yang penting udah ketemu yang sreg, cocok, saling mengenal ya udah langsung nikah aja... hufft... moga-moga cepet ketemu deh pangeranku itu... untung aku nggak pernah pacaran, jadi mungkin calon suamiku ntar nggak rugi-rugi amatlah... hahahaha...*plakkk* :p

    akaiiii, caranya cari widget kucing kayak punyamu ini gimana? ajarin aku dong... T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pacaran dan kayaknya suamku juga ga rugi dah...orang aku pacaran ga ngapa2in -___-a

      aku lupa.. :3 :3

      Hapus
  3. Waah maksudnya mbaa Desi apaa tuuh? kook bilang Untung g pacaran jadi suami mba g rugi2 amat..? jadi kalau pacaran suami bakalan rugi gitu?
    aku tersanduuung -_-
    aku kan pacaraan g ngapa2in,, jadi ngapain suamiku besok rugi (entah suamiku pacarku seakarang atau orang laiiin) >___<

    ahhahahaa sory,, cuma ngerasa rada terusik aja :p

    BalasHapus
  4. foto yang punya blog sama gaya penulisannya yang slobong rada ga' nyambung~

    BalasHapus
  5. sama, gue juga pengen nikah muda tapi setelah 3 novel gue terbit dulu!, biar klo gue pengen g sakit ada pelampiasan... semesum2nya gue g akan pernah nyerahin itu ke cowok, paling bibir doang yang gue serahin... masalahnya gue nikah ma siapa? gue males nikah ma mas adit cz g ada cinta

    BalasHapus